TEORI & PRAKTEK TERBANG

Salam Aviasi,

Kami akan share tentang hal-hal dasar dalam dunia penerbangan. Dalam blog ini kami merangkumnya secara sederhana agar intinya cepat dipahami oleh calon siswa. Well these are the basic materials of flight:

Familiarization of Flight

Siswa akan diajak memahami dan menikmati betapa luar biasanya bila manusia bisa terbang. Biasanya siswa akan diajak terbang oleh instrukturnya sekitar 30 menit dari bandara hingga tujuan. Selama terbang, siswa akan diajarkan bagaimana mengendalikan pesawat dari cara berbelok, merubah ketinggian naik dan menurunkan pesawat.

Preparation for Flight

Siswa akan belajar bagaimana mengetahui kondisi kelaikkan pesawat dari sisi kondisi mesin dan suara mesin yang keluar. Dokumen panduan pesawat sangat jelas regulasinya maka siswa diharuskan mematuhi peraturan yang sudah tertulis dan harus berjalan sesuai prosedur. Selain itu siswa juga akan diajarkan bagaimana menghadapi perubahan cuaca saat sebelum terbang dan dalam kondisi terbang. Mengatur keseimbangan pesawat saat mengudara sangatlah penting.

Ancillary Cockpit Controls

Siswa akan belajar tentang tujuan dan fungsi panel-panel dalam ruang kokpit disaat mengudara, termasuk harus tahu saat karburator kepanasan, tekanan bahan bakar, system radio, indicator tangki bahan bakar, radar, transmisi saat keadaan darurat, pengaturan tekanan udara dalam kokpit dan pengontrolan lainnya

Aircraft Taxiing

Pada materi ini siswa akan mempelajari system maneuver pesawat terbang saat sebelum dan sesudah mengudara (on ground/diatas tanah). Hal lain yang dipelajari berkaitan dengan Air Traffic Control (Ground Control) menggunakan radio dan alat pendukung lainnya. Tentunya semua ini membutuhan prosedur yang tepat dan siswa tidak boleh meremehkan saat praktek mengatur lalu lintas on ground sebelum dan sesudah udara. Hal ini bisa berakibat fatal bila lengah sedikit saja.

Aircraft Attitudes and Movements

Materi ini merupakan salah satu materi yang sangat penting terutama saat praktek mengudara. Siswa harus paham betul bagaimana cara mengatur dan mengendalikan pesawat. Oleh karena nya disebut “aircraft attitudes” (pesawat yang terbang beraturan). Secara spesifik siswa akan diajarkan pergerakan naik, berputar, oleng/ber-serong serapi mungkin. Kemudian sikap/aturan yang baik saat menaikkan dan menurunkan pesawat. Saat mengemudikan pesawat, siswa harus “menyatu” dengan kemudi.

Straight & Level Flight

Pada pelajaran ini siswa harus mengetahui dan mempertahankan cara terbang lurus dan naik turun pesawat secara normal (kecepatan) dan bisa melakukan prosedur perubahan percepatan dari pelan langsung cepat. Tekniknya dikenal dengan istilah keeping a “look out”.

Climbs, Descents and Turns

Siswa akan dikenalkan dengan istilah: climb attitude, climb airspeed, climb power dan trim. Hal-hal tersebut merupakan bahasa saat take off (lepas landas) hingga on flight (mengudara). Proses yang terjadi dari take off hingga on flight haruslah sesuai prosedur penerbangan. Lembut dan nyaman.

Flight for Maximum Range & Endurance

Materi ini mengajarkan siswa untuk mengetahui ketersediaan bahan bakar didalam pesawat. Maka ketinggian dan jarak tempuh sangatlah mempengaruhi kebutuhan bahan bakar. Praktek materi ini mengajak siswa harus tahu mengatur kecepatan dan percepatan pesawat dalam menempuh jarak tertentu. Istilah yang digunakan: power set RPM (percepatan mesin), flaps set degree (sudut saat take off), slow flight target speed (kecepatan rendah).

Slow Flight

Setiap pesawat mempunyai system percepatan dan kecepatan yang berbeda bahkan kekuatan untuk jarak tempuhpun juga berbeda. Siswa akan diajarkan bagaimana mengendalikan pesawat disaat harus terbang pelan dan diajarkan mengatur kendali pesawat secara aman dan efektif dalam kecepatan rendah. Siswa harus mempunyai keahlian pada materi ini untuk merespon saat pesawat take off dan landing secara efektif

Stall

Istilah “stall” digunakan saat hidung pesawat terlalu tinggi dibanding badan pesawat saat melewati “garis edar” atau “sudut normal” saat pesawat mengudara. Hal ini akan menyebabkan sayap pesawat tidak bisa menaikkan pesawat sehingga malah mengakibatkan pesawat turun pada posisi yang tidak diinginkan. Pada materi ini siswa harus memahami kondisi stall dan bagaimana mengatasinya dengan tetap mengontrol pesawatnya.

Illusions Created by Wind Drift (Low Flying)

Materi ini mempersilahkan siswa untuk terbang rendah, khususnya pada perubahan percepatan saat mengendalikan pesawat low flying dalam kondisi berangin. Pilot biasanya menghindari terbang rendah karena bahaya yang akan timbul. Terbang rendah yang dimaksud dalam materi ini sekitar 500 kaki dari tanah.

Takeoffs, Landings and The Circuit

Siswa akan belajar: bagaimana seni mendaratkan pesawat secara halus dan lembut. Selain hal itu siswa akan banyak menghabiskan waktunya bersama instruktur untuk berlatih dan berlatih terus mendaratkan pesawat dengan “circuit” (arah mendarat dari berbagai arah) yang bermacam-macam. Disaat terbang sendiri, siswa akan belajar mengontrol pesawat saat take off dan persiapan landing yang halus dari berbagai arah.

Precautionary Landings

Materi ini memaksa siswa untuk tahu secara skill dan pengetahuannya saat harus landing diluar jadwal semestinya. Hal ini biasanya terjadi saat ada penumpang yang sakit, suasana yang sangat gelap, cuaca yang buruk dan sebagainya atau bisa juga mendarat pada bandara yang tidak biasanya.

Well hal-hal diatas merupakan sebagian ilmu dasar dalam penerbangan. Silahkan gabung bersama kami di

Gedung Tadika Puri
Jl. Haji Nawi Raya 5 Lt 2
Jakarta Selatan (021.726.1246 / 021.769.1250) |
email us here | Visit our website here

Advertisements

2 thoughts on “TEORI & PRAKTEK TERBANG

  1. Pingback: TEORI & PRAKTEK TERBANG | sekolahpilotblog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.