9 Hal (Umumnya) Siswa Pilot Sering Lakukan:

Mau tahu apa yang sering Siswa Pilot Lakukan dan itu salah?

1. Mismanaging Trim

pilot cockpit

Pilot Cockpit

Sering kali para siswa pilot terlalu banyak menggunakan trim tab, atau sebaliknya malah sangat kurang. Kedua hal simple ini sering menghasilkan beban kerja yang meningkat. Perlu diingat, ssebagian besar trim tab dipasang pada pesawat udara dan dioperasikan secara mekanikal dari cockpit melalui sistem kabel. Akan tetapi ada juga yang dioperasikan menggunakan electrical actuator. Trim tab dipasang pada elevator , rudder dan aileron. Kembali ke topic, lakukan Trim Tab saja, dan kemudian lepaskan kendali, dan lihat apakah hidung naik atau turun. Seharusnya jiika ya, buat penyesuaian kecil lainnya, lepaskan kendali untuk melihat apa yang terjadi. Dengan membuat penyesuaian-penyesuaian kecil, mereka akan memutar dalam trim yang sempurna, dan terbang akan jauh lebih mudah.

 

2. Terlalu banyak fokus di dalam pesawat

Pilot Flys Aircraft

Sangat penting untuk menjaga mata untuk tetap diluar pesawat, memindai lalu lintas. FAA merekomendasikan menghabiskan 80% waktu Anda untuk mencari/melihat apa yang terjadi di luar pesawat, dan 20% lainnya hanya untuk melihat ke dalam dan memeriksa instrumen pesawat.

3. Panggilan radio yang panjang

Pilot Calls over the radio

Panggilan radio yang panjang dapat membingungkan kontroler dan pilot. Pikirkan apa yang ingin Anda katakan sebelum menekan tombol mik.

4. Mengontrol pesawat secara berlebihan

Over Controlling Plane

Gunakan saja tekanan ujung jari untuk menghindari over-controlling pesawat Anda. Ini hanya membutuhkan gerakan kecil saja kok dari roda kontrol untuk membuat pesawat melakukan apa yang Anda inginkan.

5. Kurangnya kesadaran situasional

Kesadaran Situasional

Memang hali ini agak sulit diawal-awal, terutama dalam pelatihan, untuk menjaga kesadaran situasional. Jangan terus-terusan melihat keluar pesawat dan mengamati kondisi bawah/arah pesawat, dan periksa dan gunakan saja posisi Anda dengan menggunakan peta dan GPS Anda.

6. Kesalahan dalam penilaian Ketinggian

Misjudging Height

Adalah sangat sulit untuk menilai ketinggian pesawat anda dari atas landasan saat menjadi pelajar Pilot (dan bahkan setelah lulus bersertifikat!). Namun, pastikan saja Anda mampu mengalihkan pandangan Anda ke landasan saat anda menyalakan lampu sorot (flare), demi menghindari lampu sorot (flare) terlalu tinggi atau terlalu rendah.

7. Keputusan go / no-go yang terburu-buru

pesawat bandara

Pesawat di Bandara

Jangan terlalu impulsif. Lihatlah semua risiko yang mungkin terjadi dengan penerbangan and, dan jika ada sesuatu yang Anda tidak nyaman lakukan ini, JANGAN TERBANG!

8. Tidak dapat mengidentifikasi Checkpoint

checkpoint

sayap pesawat

Pilihlah pos-pos pemeriksaan yang jelas dapat diidentifikasi dari udara, dan pertimbangkan visibilitas mereka pada siang hari atau malam hari. Jangan memilih rel kereta api di malam hari, atau menara kecil yang menyala di siang hari…

9. Saat berada dalam pesawat

pesawat landing.jpg

Berlatihlah untuk terbiasa selalu memeriksa checklist Anda, dan selalu pikirkan apa yang akan Anda lakukan selanjutnya saat tidak terlalu sibuk di udara.

person holding pen writing on white printing paper

pilot checklist

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.